Home / Mesin (Engine) / Apa Itu TBI, MPI dan GDI pada Mesin Injeksi EFI?

Apa Itu TBI, MPI dan GDI pada Mesin Injeksi EFI?

Mesin EFI (Elektronik Fuel Injection) merupakan mesin yang penyemprotan bahan bakarnya sudah dilakukan atau dikontrol secara elektronik untuk menghasilkan campuran yang baik antara bahan bakar dan udara.
Pada mesin EFI komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan atau menginjeksikan bahan bakar adalah injektor.
Injektor selalu ada pada setiap mesin EFI, mengingat fungsi injektor sebagai pengkabut bahan bakar yang sangat penting bagi kendaraan EFI.
Beda halnya dengan kendaraan yang masih menggunakan karburator karena fungsi mengabutkan bahan bakar dilakukan oleh karburator sehingga tidak menggunakan injektor.
Jika pada kendaraan dengan menggunakan karburator, jumlah karburator pada kendaraan tersebut hanya menggunakan satu buah karburator walaupun jumlah silindernya lebih dari satu.
Namun beda halnya dengan kendaraan EFI, jumlah dari injektor setiap kendaraan berbeda-beda, ada yang berjumlah satu buah injektor untuk mesin dengan jumlah silinder lebih dari satu (multiple cylinder), ada pula yang jumlah injektornya sesuai dengan jumlah silinder di mesin EFI tersebut. Jumlah injektor ini tergantung dari tipe EFI pada kendaraan tersebut.
Selain itu, letak dari karburator pada mesin konvensional selalu berada sebelum intake manifold tapi untuk letak dari injektor pada mesin EFI berbeda-beda ada yang di throttle body, intake manifold atau di ruang bakar tergantung dari tipe mesin EFI tersebut.
Sehingga tipe-tipe mesin EFI berdasarkan dari letak penginjeksiannya dibedakan menjadi tiga tipe yaitu mesin EFI tipe Throttle Body Injection (TBI), mesin EFI tipe Multi Point Injection (MPI) dan mesin EFI tipe Gasoline Direct Injection (GDI).
Throttle Body Injection atau TBI
Mesin EFI tipe Throttle Body Injection (TBI) atau juga disebut dengan mesin EFI tipe Single Point Injection (SPI) ini, letak injektornya berada di throttle body dan hanya memiliki satu buah injektor sehingga bila mesin EFI tersebut memiliki jumlah silindernya lebih dari satu maka satu injektor tersebut digunakan untuk melayani (mensuplai) kebutuhan bahan bakar pada masing-masing silinder pada mesin. Untuk lebih jelasnya mengenai mesin EFI tipe TBI ini maka perhatikan gambar di bawah ini :

Multi Point Injection atau MPI
Mesin EFI tipe Multi Point Injection (MPI) ini, letak dari injektornya berada di intake manifold (saluran masuk) dan mengarah ke intake valve (katup masuk) sehingga nantinya bahan bakar akan diinjeksikan oleh injektor di dalam intake manifold. Jumlah injektor pada mesin EFI tipe Multi Point Injection (MPI) ini, jumlah injektornya sama banyak dengan jumlah silinder pada mesin, misalnya pada mesin memiliki silinder dengan jumlah empat buah maka jumlah injektor pada mesin tersebut berjumlah empat buah juga sehingga pada setiap intake manifold pada masing-masing silinder terdapat satu buah injektor. Untuk lebih jelasnya mengenai mesin EFI tipe MPI ini maka perhatikan gambar di bawah ini :

Gasoline Direct Injection atau GDI
Mesin EFI tipe Gasoline Direct Injection (GDI) ini, letak injektornya berada pada kepala silinder dan menghadap ke ruang bakar sehingga nantinya bahan bakar akan langsung diinjeksikan di dalam ruang bakar.  Jumlah injektor pada mesin EFI tipe Gasoline Direct Injection (GDI)  ini, jumlah injektornya sama banyak dengan jumlah silinder pada mesin, misalnya pada mesin memiliki silinder dengan jumlah empat buah maka jumlah injektor pada mesin tersebut juga berjumlah empat buah sehingga pada setiap ruang bakar di dalam silinder mesin terdapat satu buah injektor. Untuk lebih jelasnya mengenai mesin EFI tipe GDI ini maka perhatikan gambar di bawah ini :

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: