Home / casis (Chassis) / Bagian dan Fungsi Synchronmesh Pada Transmisi

Bagian dan Fungsi Synchronmesh Pada Transmisi

Transmisi merupakan salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga pada kendaraan. Transmisi pada kendaraan memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan, mengatur momen memungkinkan kendaraan untuk mundur dan memungkinkan kendaraan pada posisi netral. 
Transmisi terdapat beberapa macam dan macam transmisi berdasarkan selective gear (perpindahan gigi) nya dibedakan menjadi tiga tipe transmisi yaitu transmisi tipe sliding mesh, transmisi tipe constant mesh dan transmisi tipe synchronmesh.
Synchronmesh pada tipe transmisi synchronmesh ini memiliki fungsi untuk meyamakan putaran roda gigi yang akan saling berhubungan dengan cara pengereman.
Sehingga pada transmisi yang menggunakan synchronmesh saat melakukan perpindahan gigi dapat berjalan dengan lebih halus tanpa terjadi hentakan.
Bagian-bagian dari synchronmesh dan fungsinya antara lain :

Clutch Hub
Clutch hub atau kopling penghubung berfungsi untuk meneruskan tenaga atau putaran dari clutch hub sleeve (kopling geser) ke poros output transmisi. Clutch hub terletetak pada spline (alur gigi) poros output transmisi atau poros utama dan terhubung langsung dengan poros output atau poros utama sehingga bila clutch hub berputar maka poros output juga berputar. Pada clutch hub ini juga terdapat 3 alur untuk pemasangan shifting key.
Clutch hub sleeve
Clutch hub sleeve atau kopling geser berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga atau putaran dari roda gigi kecepatan ke clutch hub. Clutch hub sleeve ini terletak pada spline (alur gigi) clutch hub dan juga terhubung dengan shift fork (garpu pemindah).
Shifting key
Shifting key atau batang pengunci synchronmesh berfungsi untuk mencegah terjadinya perpindahan gigi sebelum putaran antara gigi kecepatan dan clutch hub sama. Shifting key terletak pada alur clutch hub dan pada kedua ujung shifting key ini masuk ke dalam celah synchronizer ring.
Spring key
Spring key atau pegas pengunci berfungsi untuk memegang shifting key.
Synchronizer ring
Synchronizer ring atau cincin synchronmesh berfungsi untuk menyamakan putaran antara unit synchronmesh dengan roda gigi kecepatan dengan cara melakukan pengereman. Synchronizer ring terletak pada clutch hub dan konis (bagian yang berbentuk kerucut) roda gigi kecepatan.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: