Home / Biografi Indonesia / Biografi Agus Rahardjo – Ketua KPK Indonesia

Biografi Agus Rahardjo – Ketua KPK Indonesia

Biografi Agus Rahardjo - Ketua KPK Indonesia

Biografiku.comProfil dan Biografi Agus Rahardjo Ketua KPK (Komisi Pemberantasan korupsi) Indonesia. Nama Agus Rahardjo ramai dibicarakan oleh publik ketika ini takkala dirinya resmi terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tanggal 17 Desember 2015. Agus Rahardjo berhasil terpilih sebagai ketua KPK setelah komisi III DPR RI menggelar pemungutan bunyi untuk menentukan Ketua KPK selanjutnya menggantikan Abraham Samad yang sebelumnya menjabat sebagai ketua KPK. Agus Rahardjo terpilih setelah mengumpulkan 44 bunyi mengungguli saingannya Irjen Pol Basariah Panjaitan yang mengumpulkan bunyi sebanyak 10 dari total bunyi sebanyak 54. Agus Rahardjo sendiri merupakan Ketua KPK pertama yang tidak memiliki latar belakang pengalaman maupun pendidikan dibidang hukum.

Biografi dan Profil Agus Rahardjo Ketua KPK.
Mengenai profilnya sendiri , dia lahir di Magetan pada tahun 1956 ,ia memiliki ayah berjulukan Basoeki dan ibu berjulukan Suminah. Ia merupakan anak kedua dari dua bersaudara , namun saudara perempuannya meninggal ketika Agus Rahardjo dewasa. Sejak kecil Agus Rahardjo tinggal di Jl. Biliton , Desa Kepolorejo , Magetan , Jawa Timur.

Ia memulai sekolahnya di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kapolorejo di Magetan , simpulan dari sana ia kemudian melanjutkan sekolahnya di SMP dan SMA di Magetan , Jawa Timur. Tamat SMA , ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi tinggi di ITS Surabaya jurusan Teknik Sipil , alasannya ialah cita-citanya ingin menjadi seorang kontraktor.

Setelah memperoleh gelar S1 nya dari ITS Surabaya , ia kemudian melanjutkan pendidikannya di luar negeri dengan berguru di Cambridge , Amerika Serikat tepatnya di Arthur D. Little Management Education Institute. Ia kemudian tinggal dan bekerja di Amerika Serikat selama lima tahun. antara tahun 1995 sampai 1997 ia aktif sebaga pembicara di lembaga Internasional di Paris , Perancis.

Setelah kembali ke Indonesia , ia kemudian menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan menetap di Jakarta. Ia menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) di Kantor Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada tahun 2006.

Kemudian pada tahun 2008 , Agus Rahardjo menjadi sekertaris Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang merupakan lembaga non-kementrian. Dan kemudian dua tahun setelahnya , Agus Rahardjo menggantikan Roestam Syarief sebagai kepala LKPP. Selain itu Agus Rahardjo juga pernah menjabat sebagai administrator pendidikan Bappenas. Sejak dulu ia dikenal sebagai pengagum berat tokoh Sutan Sjahrir.

Agus Rahardjo Terpilih Menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Agus Rahardjo mulai bergabung dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ketika ia bersama Ketua KPK ketika itu yaitu Busyiro Muqodas mendeklarasikan acara Anti Korupsi. Kemudian ketika Panitia Seleksi (Pansel) membuka pendaftaran seleksi pimpinan KPK , Agus Rahardjo kemudian ikut mendaftarkan diri. Dari 500 pendaftar , ia masuk dalam delapan besar calon pimpinan KPK.

Kemudian Panitia seleksi melaksanakan seleksi manajemen , uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh komisi III DPR RI bersama dengan tubuh pemerintah lainnya menyerupai PPATK , Polri , BIN , dan kejaksaan Agung sehingga pada tanggal 17 Desember 2015 , Agus Rahardjo terpilih sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang gres dengan masa jabatan dari 2015 sampai 2019 , ia resmi dilantik sebagai Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Januari 2016.

Agus Rahardjo – Ketua KPK
Image Source : detik.com

Ia terpilih sebagai ketua KPK setelah mengalahkan saingannya Basariah Panjaitan dalam pemungutan bunyi untuk menentukan Ketua KPK. Saat uji kelayakan dan kepatutan , ia diketahui memiliki tabungan sejumlah 20 juta rupiah dan dan sebidang tanah di Jonggol , citra raya dan Bumi Serpong Damai di Tangerang. Agus Rahardjo memliki istri berjulukan Tutik Supriyati. Dari pernikahannya dengan Tutik Supriyati , ia dikaruniai empat orang anak.

Lima Pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) 2015-2019

  • Agus Rahardjo (Ketua KPK)
  • Basaria Panjaitan
  • Alexander Marwarta
  • Laode M Syarif
  • Saut Situmorang
Biodata Agus Rahardjo – Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)

Nama          : Ir. Agus Rahardjo , MSM
Tempat/Tanggal Lahir : Magetan , 1956
Nama Orang Tua : Basoeki (Ayah) , Suminah (Ibu)
Istri             : Tutik Supriyati
Almamater : – (S1) Teknik Sipil , ITS Surabaya
                     – (S2) Arthur D. Little Management Education Institute , Amerika Serikat
Jabatan       : – Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (2006)
                     – Ketua LKPP (2010)
                     – Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) (2015)

Itulah sedikit berita mengenai Profil dan Biografi Agus Rahardjo Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Indonesia. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca biografiku.com sekalian. Biografiku.com

About farrel Studio

Check Also

Biografi Tito Karnavian – Profil dan Biodata Lengkap Kapolri

Biografiku.com – Nama Tito Karnavian ketika ini dikenal sebagai Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia) yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: