Home / Biografi Indonesia / Biografi dan Profil Asma Nadia – Penulis Novel dan Cerpen Indonesia

Biografi dan Profil Asma Nadia – Penulis Novel dan Cerpen Indonesia

Biografi dan Profil Asma Nadia - Penulis Novel dan Cerpen Indonesia

Biografiku.com – Sosok wanita satu ini bisa dikatakan menjadi ide bagi banyak anak muda di Indonesia melalui novel-novelnya. Dialah Asma Nadia. Siapa dia? Asma Nadia merupakan salah satu penulis novel dan cerpen kenamaan asal Indonesia.

Ia yakni salah satu penulis wanita yang bisa menarik perhatian masyarakat dengan karya-karya yang fenomenal. Beberapa dari novelnya bahkan diangkat ke layar lebar menjadi sebuah film.

Tulisan-tulisannya telah banyak yang dipublikasikan ke dalam buku yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Biografi dan profil Asma Nadia diisi dengan prestasi dan perjalanan hidup meraih kesuksesan yang telah dirintisnya semenjak masih kanak-kanak. Bakatnya dalam bidang menulis sudah tumbuh semenjak ia duduk di dingklik sekolah dasar.

Kepiawaiannya merangkai kata menjadi untaian kalimat yang bermakna menyerupai sebuah anugrah yang telah didapatnya semenjak lahir. Keuletannya untuk terus mengasah kemampuan menulis menyebabkan ia sukses menjadi salah satu penulis terkenal dengan deretan karya yang berkualitas.

Riwayat Pendidikan Asma Nadia
Asma Nadia memiliki nama asli Asmarani Rosalba. Perempuan manis berkulit putih ini lahir di Jakarta 26 Maret 1972 dari pasangan Amin Usman dan Maria Eri Susanti yang merupakan seorang mualaf berdarah Tionghoa. Asma nadia memiliki seorang kakak perempuan berjulukan Helvy Tiana Rosa , ia juga memiliki adik laki-laki berjulukan Aeron Tomino

Ia tumbuh dalam keluarga yang mencintai seni menulis. Kedua saudaranya menekuni bidang yang sama dengan Asma. Suaminya bahkan juga seorang penulis dan dua anak Asma juga memiliki cita-cita yang besar untuk meneruskan jejak sang ibu dengan terjun ke dunia tulis-menulis. Mengenai pendidikan Asma Nadia diketahui dari masa remajanya yang dihabiskan dengan bersekolah di SMA Budi Utomo.

Biografi dan Profil Asma Nadia - Penulis Novel dan Cerpen Indonesia

Ia kemudian melanjutkan pendidikan tinggi ke Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. Namun , kondisi yang kurang menguntungkan harus membuat langkah Asma berhenti untuk menimba ilmu di perguruan tinggi tinggi. Sakit yang kala itu diderita tidak memungkinkan baginya untuk melanjutkan kuliah.

Langkah yang terhenti di dingklik kuliah tidak membuat Asma putus asa. Ia terus menekuni hobi menulisnya. Dukungan dari keluarga dengan cinta kasih yang tak pernah surut dan dorongan semangat yang tak pernah padam membuatnya berpengaruh menjalani hari-hari yang berat. Ia terus menulis meski dalam kondisi yang tidak sehat.

Asma rajin mengirimkan tulisannya ke aneka macam redaksi majalah. Karya yang dihasikan Asma bukan hanya dalam bentuk cerpen saja , ia juga menulis puisi dan lirik lagu. Karya-karya awal Asma yang sangat terkenal yakni album Besatari yang terdiri dari 3 seri , cerpen berjudul Koran Gondrong dan Imut yang bisa mengantarkannya menjuarai Lomba Menulis Cerita Pendek Islami (LMCPI) pada tahun 1994 dan 1995 yang diselenggarakan oleh majalah Anninda.

Keluarga Asma Nadia
Asma Nadia menikah dengan pria berjulukan Isa Alamsyah pada tahun 1995. Dari pernikahannya tersebut , Asma Nadia dikaruniai dua orang anak berjulukan Eva Maria Putri Salsabila dan Adam Putra Firdaus.

Deretan Prestasi yang Diperoleh Asma Nadia
Dari aneka macam rujukan mengenai yang mengulas mengenai biografi dan profil Asma Nadia , diketahui bahwa prestasi Asma Nadia memang sudah tidak diragukan lagi. Prestasi yang dihimpun Asma Nadia dari aneka macam karyanya sudah sangat banyak. Ia sudah sering memenangkan aneka macam lomba di ajang nasional maupun internasional.

Salah satu bukunya yaitu Rembulan di Mata Ibu menjadi pemenang dalam kategori Buku Remaja Terbaik tahun 2001. Selain itu , Asma juga berhasil meraih penghargaan dari Mizan Award alasannya keberhasilan dua buah karyanya yang masuk dalam antologi cerpen terbaik di Majalah Annida.

Asma Nadia juga aktif melaksanakan perjalanan baik di dalam maupun luar negeri untuk menjadi pembicara di aneka macam acara. Kemampuannya yang sudah sangat diakui membuatnya menjadi salah satu tokoh yang bisa menularkan ide dan ilmu terutama di bidang sastra. Tahun 2009 Asma bahkan melaksanakan perjalanan keliling Eropa untuk mengisi seminar di beberapa kota menyerupai Jenewa , Berlin , Roma , Manchester dan Newcastle.

Karyanya yang bernuansa islami juga ada beberapa yang telah diangkat ke layar lebar. Film-film dari buku Asma yang telah menghiasi dunia seni tugas di Indonesia dintaranya yakni Assalamualaikum Beijing , Emak Ingin Naik Haji , Rumah Tanpa Jendela dan Surga yang tak dirindukan.

Dikutip dari beberapa sumber , Bagi Asma Nadia , menulis baginya merupakan sebuah ibadah. Dengan menulis ia dapat memberi ide bagi banyak orang. Selain itu ia juga dapat menunjukkan edukasi serta pencerahan dari tulisan-tulisannya. Ia bahkan aktif menulis setiap hari.

Biografi dan Profil Asma Nadia - Penulis Novel dan Cerpen Indonesia

Selain itu , ia juga sangat gemar membaca sehingga menunjukkan ia ide bagi tulisan-tulisannya sekaligus menambah pengetahuannya.

Hobi lain dari Asma Nadia yakni fotografi namun salah satu hobi yang paling disukai oleh Asma Nadia yakni Traveling. Hobinya ini membuat ia kemudian dikenal sebagai ‘Jilbab Traveler’. Asma Nadia bahkan sudah mengunjungi 59 negara dan lebih dari 200 kota di Dunia.

Disamping itu Asma Nadia juga sangat konsisten dalam beramal. Ia kemudian mendirikan Yayasan berjulukan Yayasan Asma Nadia. Dari yayasan tersebut , ia kemudian mendirikan Rumah Baca Asma Nadia yang banyak tersebar di seluruh Indonesia yang ditujukan untuk para anak yatim piatu serta belum dewasa yang kurang mampu.

Itulah biografi Asma Nadia yang sangat inspiratif dan memuat banyak pelajaran hidup yang positif. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

About farrel Studio

Check Also

Biografi Tito Karnavian – Profil dan Biodata Lengkap Kapolri

Biografiku.com – Nama Tito Karnavian ketika ini dikenal sebagai Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia) yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: