Home / Atlet / Biografi Marc Marquez – Pembalap Muda MotoGP Paling Bertalenta

Biografi Marc Marquez – Pembalap Muda MotoGP Paling Bertalenta

Biografi Marc Marquez , Pembalap Muda MotoGP Paling Bertalenta

Sosok Marc Marquez di trend MotoGP pada tahun 2013 banyak mengundang decak kagum seluruh dunia , Marc Marquez merupakan sosok Pembalap Muda MotoGP paling bertalenta dan merupakan idola gres di dunia MotoGP , dimana disetiap seri MotoGP ia selalumendominasi dan disebut-sebut sebagai salah satu pembalap terhebat dimasa mendatang. Dilahirkan dengan nama lengkap Marc Marquez Alenta pada tanggal 17 Februari 1993 , di Cervera , Lleida , Spanyol. Ayahnya berjulukan Julia Marquez dan ibunya berjulukan Rosser Alenta. Ia memiliki adik berjulukan Alex Marquez yang juga berprofesi sebagai pembalap motor. Namun tak banyak orang tahu bahwa Marquez mengawali karir balapnya di dunia motocross. Pada usia 4 tahun , Marquez meminta hadiah Natal kepada orang tuanya berupa sebuah sepeda motor mini yang memiliki roda di kedua sisinya untuk menjaga keseimbangan , dan semenjak ketika itulah ia mulai mengendarai sebuah motor.

Pada usia 5 tahun , terperinci terlihat bahwa Marquez memiliki bakat alami dalam kecepatan. Ayahnya selalu melatihnya di lapangan terbuka bersahabat rumah mereka dan mulai mengikutsertakan Marquez dalam sebuah kompetisi balap motocross dan enduro. Marquez mendapati kejuaraan balap motocross lebih menyenangkan , di mana semua crosser akan melakoni balapan dengan fisik yang lebih tertantang. Ia juga menyukai kompetisi ini alasannya ialah ia tidak perlu terlalu memikirkan catatan lap. Hanya dalam kurun 3 tahun , terbukti bahwa pilihan Marquez tidak salah. Ia berhasil menjadi juara dari kompetisi Catalan 50cc Motocross di tahun 2001 , setelah sebelumnya hanya bisa menduduki posisi kedua di tahun sebelumnya. Prestasinya yang mengagumkan ini membuat Marquez ingin mencoba peruntungannya pada ajang balap road racing , yakni di kompetisi Conti Cup pada tahun berikutnya

Biografi Marc Marquez , Pembalap Muda MotoGP Paling Bertalenta
Marc Marquez bersama Motornya Honda Repsol 

Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan kelas 125cc atau Moto3 pada tanggal 13 April 2008 , di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia tercatat sebagai pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP Márquez di GP Belanda 2010. Márquez kemudian memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Pada 2009 , beliau ialah pembalap pabrikan KTM dan di GP Perancis 2009 , beliau memperoleh posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun 89 hari. beliau juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi beliau terkena bencana alam pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada dibawah ban belakang , yang menyebabkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya. Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia 2010. Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010 , GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menimbulkan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut. Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama semenjak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut di balapan 125cc.

…Bersaing di MotoGP ialah harapan saya , ada banyak pembalap terbaik di sana ibarat Dani Pedrosa , Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Saya harap Rossi masih tetap bertahan di sana ketika saya bergabung di kelas itu alasannya ialah beliau ialah salah satu rider terbaik dalam sejarah MotoGP dan saya akan senang sekali jikalau bisa membalap dengan dia ,” tutur Marquez dikutip motogp.com.

Marc Marquez kemudian pindah ke kelas Moto2 pada tahun 2011 sebagai pembalap tunggal dari tim gres Monlau Competición , yang dikelola oleh manager pribadinya sendiri Emilio Alzamora , Setelah itu Marquez sempat menjadi kandidat juara dunia Moto2 trend 2011. Sayang , ambisinya untuk merengkuh gelar dalam debutnya di kelas tersebut harus pupus. Ini alasannya ialah bolos pada seri terakhir di Valencia , menyusul gangguan pada matanya tanggapan kecelakaan ketika latihan pada seri sebelumnya , di Sepang , Malaysia. kemudian setelah itu , Pada trend 2012 , Marquez dipastikan bertahan di kelas Moto2. Marquez berhasil meraih gelar juara dunianya pada trend 2012 diajang Moto2 setelah berhasil mendominasi dimusim itu , kemudian Marc Marquez sepakat dan menanda tangani kontrak dengan Repsol Honda Team untuk jangka waktu dua tahun kedepan bersama tim pabrikan Honda menggantikan juara dunia MotoGP dua kali Casey Stoner yang telah pensiun tahun ini sekaligus menjadi rekan setim dengan Dani Pedrosa.

Biografi Marc Marquez , Pembalap Muda MotoGP Paling Bertalenta
Marc Marquez

Dimusim 2013 ini , hingga ketika ini Marquez masih memimpin puncak klasemen sementara beberapa angka dari Jorge Lorenzo yang ada di peringkat kedua. Namun Kemenangan di Motegi membuat Lorenzo menghidupkan peluangnya untuk mempertahankan gelar juara dunia. Hal inilah yang dikhawatirkan Marquez. Ia tidak ingin gagal untuk kali ketiga untuk memastikan diri menjadi juara dunia. Marquez hampir pasti menjadi pembalap termuda yang menjadi juara dunia MotoGP jikalau finis keempat atau lebih baik dari itu dalam seri balapan Valencia. Jika Marquez dimahkotai juara di negeri kelahirannya bulan depan , maka beliau akan mencetak sejarah menjadi pembalap pendatang gres pertama yang menjadi juara dunia dalam 35 tahun terakhir. biografiku.com

About farrel Studio

Check Also

Biografi Irene Kharisma Sukandar – Grand Master Catur Indonesia

Irene Kharisma Sukandar lahir di Jakarta pada tanggal 7 April 1992 , Ia merupakan Grand …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: