Home / tkr / Cara Membedakan Suku Cadang Asli Dengan KW

Cara Membedakan Suku Cadang Asli Dengan KW

Meningkatnya permintaan kendaraan semakin hari, hal ini juga akan berdampak meningkatnya permintaan terhadap suku cadang atau spare part kendaraan. Mahalnya suku cadang asli dibandingkan dengan suku cadang KW, sehingga banyak konsumen yang memilih antara suku cadang yang lebih murah yaitu yang KW. Selain itu, tidak jarang konsumen tidak tahu mana suku cadang yang asli dan mana yang suku cadang yang KW sehingga tidak jarang juga konsumen tertipu oleh penjual atau bengkel yang mengatakan suku cadang asli tetapi malah yang dibeli adalah suku cadang KW.

Untuk menghindari kecurangan-kecurangan tersebut maka anda harus dapat membedakan antara suku cadang yang asli dan suku cadang yang KW, beberapa tips yang dapat saya berikan untuk membedakan antara suku cadang asli dan KW antara lain :

Harga
Harga merupakan satu alasan paling nomer satu kenapa konsumen memilih memakai suku cadang yang KW dibanding dengan suku cadang yang asli, tapi jika anda berniat membali suku cadang asli namun harganya dibawah pasaran atau terlalu murah dari harga standar maka perlu dicurigai bahwa yang anda ingin beli tersebut bukan suku cadang asli melainkan suku cadang KW.

Kemasan
Bungkus atau kemasan dari suku cadang juga perlu diperhatikan dengan cermat. Cermati kemasan suku cadang tersebut meliputi bentuk dan wana kemasan. Biasanya pada suku cadang yang KW, bentuk kemasannya tidak terlalu rapi (baik) dari pada bentuk kemasan dari suku cadang yang asli dan juga warna untuk kemasan suku cadang yang KW umumnya warna kemasannya lebih pudar atau lebih terang dibanding dengan kemasan suku cadang yang asli.

Bahan dari komponen
Setelah kemasan suku cadang anda buka, anda akan tahu isi dan wujud dari suku cadang tersebut. Lebih baik anda periksa terlebih dahulu bahan yang digunakan untuk komponen suku cadang tersebut. Pada suku cadang yang KW kualitas dari bahan yang digunakan tidak sebaik dengan kualitas bahan yang digunakan pada suku cadang asli.

Garansi
Selalu perhatikan garansi yang diberikan oleh pihak penjual. Jika penjual berani memberikan garansi terhadap suku cadang yang anda beli dengan garansi produsen atau dengan jangka waktu garansi yang lama maka berkemungkinan suku cadang tersebut asli. Namun jika penjual tidak memberikan garansi dalam jangka waktu lama atau hanya bisa memberikan garansi toko maka bisa jadi suku cadang tersebut KW.

Lakukan selalu perawatan servis dibengkel dibengkel resmi
Cara terakhir untuk menghindari suku cadang KW yaitu anda bisa melakukan perawatan kendaraan selalu dibengkel resmi dari kendaraan tersebut karena bengkel resmi tidak akan mungkin memberikan suku cadang yang KW. Bengkel resmi juga pasti akan berani memberikan garansi terhadap suku cadang yang mereka jual.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: