Home / Kelistrikan (Electrical) / Cara Memperkuat Medan Magnet pada Elektromagnet

Cara Memperkuat Medan Magnet pada Elektromagnet

Magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik logam yang berada disekitarnya dan pada magnet pasti memiliki sifat kemagnetan. Sifat kemagnetan yaitu kemampuan untuk menarik logam.
Suatu benda dapat mengandung magnet apabila kemagnetan pada benda tersebut terpusat pada titik tertentu.
Magnet dapat digolongkan dengan dua jenis yaitu magnet tetap (permanen) dan magnet tidak tetap (remanen).
Magnet tetap yaitu magnet yang diperoleh dari alam dan memiliki sifat magnet yang permanen (tidak akan hilang). Sedangkan magnet tidak tetap yaitu magnet yang dapat dibuat dan memiliki gaya kemagnetan yang sementara (tidak tetap), salah satunya adalah magnet yang dibuat dengan menggunakan kumparan yang dialiri arus listrik.
Sebuah kumparan yang dialiri arus listrik maka akan menghasilkan gaya magnet, hal ini disebut dengan elektromagnet.
Terdapat tiga buah cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat atau memperbesar medan magnet yang dihasilkan pada elektromagnet, yaitu :
Membuat inti besi pada kumparan
Cara yang pertama untuk memperbesarmedan magnet yaitu dapat dilakukan dengan membuat inti besi di dalam kumparan yang dialiri listrik. Besi yang dililit dengan kumparan, dan kemudian kumparan dialiri arus listrik maka besi tersebut akan menjadi magnet tidak tetap atau magnet remanen.
Karena besi ini menjadi magnet maka gaya medan magnet yang dihasilkan akan menjadi besar sehingga besarnya medan magnet total yang dihasilkan ini didapat dari penjumlahan medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan ditambah dengan medan magnet yang dihasilkan oleh inti besi.
Menambah jumlah kumparan
Cara yang kedua yang dapat dilakukan untuk memperbesar medan magnet adalah dengan menambah jumlah lilitan pada kumparan. Kumparan yang dialiri listrik akan menghasilkan medan magnet sehingga bila lilitan pada kumparan semakin banyak maka akan membuat medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan tersebut semakin besar. Kuat meda magnet pada kumparan merupakan jumlah total dari medan magnet yang dihasilkan oleh masing-masing lilitan pada kumparan.
Memperbesar arus listrik yang mengalir pada kumparan
Cara yang ketika untuk memperbesar medan magnet yaitu dapat dilakukan dengan memperbesar arus listrik yang mengalir pada kumparan. Besarnya arus listrik yang mengalir pada kumparan akan berbanding lurus dengan medan magnet yang dihasilkan.
Arus listrik merupakan banyaknya elektron yang mengalir setiap detik. Elektron-elektron yang mengalir pada penghantar akan menghasilkan medan magnet.
Dengan kata lain, bila arus listrik yang mengalir pada kumparan semakin besar maka medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan tersebut semakin besar pula dan sebaliknya semakin kecil arus yang mengalir pada kumparan maka semakin kecil pula medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan tersebut.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: