Home / Mesin (Engine) / Cara Mengetahui Kondisi Mesin Dengan Melihat Kondisi dan Warna Busi

Cara Mengetahui Kondisi Mesin Dengan Melihat Kondisi dan Warna Busi

Busi merupakan komponen penting untuk terjadinya pengapian pada kendaraan, selain itu busi juga dapat mendiagnosis kondisi kerja mesin dengan melihat kondisi dan warna dari busi. Dengan melihat kondisi dan warna dari busi, kita dapat mengetahui kondisi dari mesin, “apakah bahan bakar boros ?, apakah bahan bakar normal ? atau apakah mesin terlalu panas ?”
Kemudian, “kenapa kondisi kerja mesin dapat diketahui dengan melihat kondisi dan warna dari busi ?”. Busi terletak di kepala silinder dan kepala busi terhubung pada ruang bakar secara langsung sehingga ketika terjadi pembakaran yang baik maupun yang kurang baik maka akan berpengaruh terhadap warna dan kondisi dari kepala busi. Nah oleh sebab itu kondisi dari mesin dapat juga diketahui dengan hanya melihat kondisi dan warna dari busi.
Kondisi-kondisi pada busi yang sering terjadi yaitu :
Normal
Bila isolator busi bewarna kuning atau coklat muda atau coklat abu-abu yang merata dan pada kepala busi tidak terdapat tumpukkan deposit kerak maka busi dikatakan dalam keadaan normal. Jika kondisi busi normal maka hal ini mengidentifikasikan bahwa kinerja mesin normal atau pemakaian busi tepat (nilai panas busi tepat).

Terbakar

Bila isolator busi bewarna putih atau kuning dan permukaan elektroda busi terbakar serta terdapat deposit kotoran yang menempel pada kepala busi maka hal ini menandakan kondisi kerja mesin yang tidak normal. Hal ini dapat terjadi karena :
  • Nilai oktan dari bahan bakarnya terlalu rendah
  • Campuran bahan bakar dan udara terlalu kurus
  • Terjadinya detonasi atau knocking
  • Saat pengapian terlalu maju atau awal
  • Salah memilih tipe busi yaitu tipe busi terlalu panas

Berkerak karena adanya oli
Bila warna busi hitam basah karena oli atau busi terlihat berkerak karena oli berarti menandakan kondisi mesin yang kurang baik yaitu oli masuk ke ruang bakar (pada mesin 4 tak). Oli dapat masuk ke ruang bakar dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini :
  • Ring torak yang sudah aus
  • Ada kebocoran pada seal katup atau klep

Berkerak karbon
Bila busi berwarna hitam pekat karena karbon maka hal ini menandakan kondisi mesin yang kurang baik yang disebabkan pemakaian bahan bakar yang terlalu boros sehingga pembakaran yang terjadi kurang baik dan menghasilkan banyak karbon. Selain itu dapat disebabkan karena kesalahan pemilihan tipe busi yaitu memilih tipe busi yang terlalu dingin.

Isolator busi retak
Bila isolator busi retak, maka bunga api dapat meloncat dari bagian isolator langsung ke massa sehingga bunga api yang terjadi pada bagian elektroda menjadi lemah atau bahkan tidak ada. Hal ini akan menurunkan kinerja dari mesin, adapun hal-hal yang dapat menyebabkan isolator busi retak antara lain :
  • Busi jatuh
  • Bahan busi yang lemah

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: