Home / Kelistrikan (Electrical) / Cara Menghilangkan Kemagnetan Pada Benda

Cara Menghilangkan Kemagnetan Pada Benda

Magnet merupakan benda yang dapat menarik logam yang berada disekitarnya. Magnet dapat menarik benda-benda logam dikarenakan magnet memiliki memiliki sifat-sifat kemagnetan.
Pada magnet permanen memiliki sifat kemagnetan yang tetap, namun pada magnet remanen memiliki sifat magnet yang tidak tetap.
Sifat-sifat kemagnetan pada benda ini dapat dibuat dan dapat dihilangkan. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat kemagnetan pada benda, begitu pula ada beberapa cara untuk menghilangkan kemagnetan pada benda.
Hilangnya sifat kemagnetan pada benda magnet dikarenakan arah dan letak dari magnet elementernya berubah-ubah dan tidak teratur.
Sifat kemagnetan pada benda dapat menghilang karena beberapa penyebab, diantaranya adalah magnet dipukul secara berulang-ulang atau jatuh secara berulang-ulang, magnet terkena panas dan bila magnet dialiri arus bolak-balik (arus AC). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Magnet dipukul atau jatuh berulang-ulang
Faktor yang dapat menyebabkan sifat kemagnetan pada benda menghilang yang pertama adalah magnet yang dipukul berulang-ulang atau magnet yang dijatuhkan secara berulang-ulang.
Bila magnet hanya beberapa kali jatuh atau terkena benturan mungkin sifat kemagnetannya belum menghilang namu sifat kemagnetan pada benda tersebut akan berkurang. Hilangnya sifat kemagnetan pada benda magnet tersebut dapat terjadi jika magnet tersebut dipukul berulang-ulang sehingga bentuknya berubah dan rusak atau magnet tersebut dijatuhkan dari ketinggian tertentu secara berulang-ulang hingga bentuknya berubah dan rusak.

Baca juga : Induksi sendiri dan induksi mutual pada elektromagnet
Magnet terkena panas
Faktor yang menyebabkan sifat kemagnetan pada benda menghilang yang kedua adalah bila magnet terkena panas. Panas yang diberikan pada benda magnet akan dapat mengurangi dan bahkan menghilangkan sifat kemagnetan pada benda tersebut.
Pemberian panas yang berlebihan hingga magnet berpijar akan menghilangkan sifat kemagnetan pada magnet tersebut. Bahkan benda logam yang memiliki suhu tertentu tidak bisa dibuat menjadi magnet.
Panas ini dapat berasal dari berasal dari proses pembakaran, proses perebusan dan lain sebagainya.
Dialiri arus AC atau arus bolak-balik
Faktor yang menyebabkan sifat kemagnetan pada benda menghilang yang ketiga adalah bila magnet dialiri arus AC.
Bila magnet diletakkan di dalam sebuah kumparan, kemudian kumparan tersebut dialiri arus listrik AC maka sifat kemagnetan pada benda magnet tersebut dapat menghilang.
Pemberian arus AC pada kumparan akan mempengaruhi arah dari medan magnet yang terjadi pada kumparan sehingga karena arah medannya berubah-ubah pada kumparan elektromagnetik maka akan dapat mempengaruhi arah kutub pada benda magnet tersebut sehingga sifat kemagnetan pada benda tersebut akan menghilang.
Setelah kita tahu bahwa sifat kemagnetan itu dapat hilang, maka untuk menghindari agar sifat kemagnetan terutama pada magnet permanen agar tidak menghilang maka magnet tersebut harus dijaga dan hindari dari penyebab-penyebab yang dapat membuat sifat kemagnetan tersebut menghilang.

About farrel Studio

Check Also

Kaidah Tangan Kiri Fleming, Ulir Kanan dan Ibu Jari Kanan

Pada elektromagnet terdapat hubungan antara kemagnetan dan kelistrikan. Elektromagnet terjadi ketika sebuah kumparan dialiri dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: