Home / Soal / Contoh Soal dan Jawaban Perawatan Mesin Kendaraan 2

Contoh Soal dan Jawaban Perawatan Mesin Kendaraan 2

Soal : Apakah fungsi dari sistem anti dieseling pada karburator ?
Jawaban : Sistem anti dieseling pada karburator berfungsi untuk mencegah agar mesin tidak berputar setelah kunci kontak off.
Soal : Apakah yang anda ketahui tentang komponen barrel pada karburator ?
Jawaban : Barrel yaitu saluran masuk atau ruang pencampur yang ada di karburator sebagai pencampur udara dan bahan bakar yang telah dikabutkan dari nosel utama (main nozzle).
Soal : Apakah fungsi dari sistem dashpot pada karburator ?
Jawaban : Sistem dashpot pada karburator merupakan sistem tambahan yang berfungsi untuk memperlambat penutupan dari throttle gas (katup gas) setelah pedal gas dilepas dari putaran tinggi.
Soal : Apakah fungsi dari komponen charcoal canister pada sistem bahan bakar ?
Jawaban : Chorcoal canister berfungsi untuk menampung uap bahan bakar baik dari tangki bahan bakar maupun dari ruang pelampung pada karburator yang nantinya akan disalurkan kembali ke ruang bakar ketika mesin hidup.
Soal : Apakah fungsi dari sistem Hot Idle Compensator (HIC) pada karburator ?
Jawaban : Sistem Hot Idle Compensator (HIC) merupakan komponen tambahan pada karburator yang berfungsi untuk menambah jumlah udara yang masuk ketika keadaan disekitar mesin bertemperatur panas.
Soal : Apakah yang anda ketahui tentang lubang venturi pada karburator ?
Jawaban : Lubang venturi pada karburator merupakan ruang yang menyempit pada tabung (barrel) yang berfungsi untuk mempercepat aliran udara yang masuk ketika melewati ruang venturi. Ketika kecepatan aliran udara naik maka tekanan pada ruang venturi akan menurun (vakum).
Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan putaran idle atau stasioner pada kendaraan ?
Jawaban : putaran idle atau putaran stasioner pada kendaraan yaitu putaran mesin tanpa adanya beban (putaran tanpa beban) atau bisa disebut juga putaran mesin ketika throttle gas (katup gas) sedang tertutup (belum dibuka).
Soal : Apakah fungsi dari separator pada tangki bahan bakar ?
Jawaban : separator pada tangki bahan bakar berfungsi untuk mencegah terjadinya guncangan bahan bakar ketika kendaraan berjalan ditempat yang tidak rata dan untuk mencegah permukaan bahan bakar yang tidak rata ketika kendaraan menanjak atau menurun.
Soal : Apakah akibatnya ketika penyetelan pelampung terlalu tinggi ?
Jawaban : Jika penyetelan pelampung terlalu tinggi maka dapat berkemungkinan terjadi banjir sehingga mesin tidak akan menyala, akan tetapi jika penyetelan pelampung tinggi tetapi belum membuat banjir maka akan menyebabkan campuran bahan bakar dan udara menjadi kaya sehingga bahan bakar akan boros dan menimbulkan polusi udara yang tinggi.
Soal : Apakah fungsi dari sistem pelampung pada karburator ?
Jawaban : Sistem pelampung pada karburator berfungsi untuk menjaga agar permukaan bahan bakar yang ada didalam ruang pelampung agar tetap konstan atau stabil.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: