Home / tkr / Dampak Yang Ditimbulkan Ketika Kerikil Menempel Di Ban

Dampak Yang Ditimbulkan Ketika Kerikil Menempel Di Ban

Kedaraan dapat berjalan karena adanya sistem pemindah tenaga yang dapat memindahkan tenaga putar dari mesin menuju ke roda. Tanpa adanya sistem yang memindahkan tenaga dari mesin ke roda maka kendaraan ridak akan dapat berjalan. Tujuan akhir putaran mesin ini akan disalurkan ke bagian roda.
Pada bagian roda terdiri dari beberapa komponen yaitu pelek dan ban. Ban merupakan salah satu bagian yang penting yang terdapat pada kendaraan baik pada sepeda motor maupun pada mobil.
Faktor keamanan dan kenyamanan dalam berkendara salah satunya dipengaruhi oleh ban. Ban pada kendaraan berfungsi sebagai tumpuan kendaraan dengan jalan. Sehingga jika kualitas dan kondisi ban itu kurang baik maka dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.
Oleh sebab itu kondisi ban harus dirawat dengan baik. Perawatan pada ban umumnya sangat mudah yaitu selalu cek kondisi ban meliputi tekanan angin di dalam ban maupun tingkat keausan pada ban.
Jika tekanan ban kurang dari standar maka sangat dapat membahayakan pengemudi. Sama halnya jika tekanan ban melebihi spesifikasi juga dapat membahayakan. Sehingga tekanan ban harus sering diperhatikan, tidak boleh lebih maupun kurang, sesuaikan tekanan ban sesuai dengan nilai spesifikasinya (standar pabrik).
Ban yang sudah aus juga akan membahayan pengemudi. Ban yang aus akan berkemungkinan besar dapat pecah ketika kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi.
Selain tekanan ban dan keausan ban yang harus diperhatikan, alur ban juga perlu diperhatikan juga. Pasalnya, alur pada ban ini sering sekali terdapat kerikil. Kerikil yang ada pada alur ban ini jika dibiarkan maka akan menimbulkan masalah.
Masalah-masalah yang ditimbulkan ketika terdapat kerikil pada alur ban yaitu kerikil dapat mengkikis permukaan ban sehingga ban dapat lebih cepat aus atau dapat menyebabkan retak. Karena kerikil yang terlalu lama berada pada alur ban, ketika kendaraan berjalan maka kerikil ini dapat menyebabkan kerusakan pada karet ban atau melukai ban.
Jika ban mengalami retak, tentu saja sangat membahayan pengendara, karena ban yang retak berkemungkinan besar dapat pecah. Selain itu, masalah lain ketika ada kerikil pada alur ban yaitu mengurangi daya aliran air pada ban ketika kendaraan berjalan pada tempat yang tergenang air sehingga tentu saja dapat membahayakan pengemudi ketika berjalan pada kondisi hujan.
Untuk menghindari masalah diatas maka sering lakukan perawatan pada ban kendaraan, termasuk juga selalu bersihkan permukaan ban dari adanya kerikil.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: