Home / Kelistrikan (Electrical) / Fungsi Lampu Kepala dan Fungsi Reflektor serta Kaca Bias Lampu Kepala

Fungsi Lampu Kepala dan Fungsi Reflektor serta Kaca Bias Lampu Kepala

Lampu kepala atau headlamp atau juga sering disebut lampu utama pada kendaraan merupakan alat penerang jalan ketika berjalan pada kondisi gelap atau pada malam hari.
Selain itu, fungsi lampu kepala adalah untuk membungkus cahaya yang berasal dari lampu pijar guna memberikan penerangan dengan cahaya yang cukup pada arah yang diinginkan oleh pengendara.
Lampu kepala dibagi menjadi dua berdasarkan kontruksinya yaitu lampu kepala tipe sealed beam dan lampu kepala tipe semi sealed beam.
Lampu kepala dengan tipe sealed beam
Lampu kepala tipe sealed beam ini, kontruksi bohlam lampu menjadi satu dengan reflektornya dan kaca biasnya sehingga bila bohlam lampu tipe sealed beam ini putus harus diganti secara keseluruhan dengan reflektor dan kaca biasnya.
Lampu kepala dengan tipe semi sealed beam
Lampu kepala tipe semi sealed beam ini, konstruksi bohlam lampunya berbeda dengan tipe sealed beam beam. Pada tipe ini, bohlam lampunya dapat dilepas dengan kata lain bohlam lampu pada tipe semi sealed beam ini tidak menjadi satu dengan reflektor dan kaca biasnya sehingga bisa bohlam lampu ini putus dapat diganti bohlam lampunya saja.
Pada tipe semi sealed beam ini, bohlam lampu yang digunakan pada umumnya terdapat dua tipe yaitu tipe bohlam lampu biasa dan tipe bohlam lampu quartz halogen.
Kontruksi dari lampu kepala dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Reflektor pada lampu kepala merupakan cermin cekung yang berbentuk seperti parabola yang memiliki fungsi untuk memantulkan sinar dari lampu pijar. Untuk menghasilkan refleksi cahaya yang baik maka pada bagian permukaan reflektor ini dilapisi dengan komponen alumunium, hal ini bertujuan memaksimalkan terjadi pemantulan cahaya atau refleksi cahaya.
Pada lampu kepala terdapat dua tipe jarak yaitu jarak dekat dan jarak jauh. Agar reflektor dapat digunakan untuk lampu jarak dekat dan jarak jauh maka pada reflektor dibuat konstruksi khusus.
Pada dasarnya pada bohlam lampu pada lampu utama dibagi menjadi dua jenis berdasarkan tipe filamentnya, yaitu bohlam lampu utama yang memiliki filament sejajar dan bohlam lampu utama yang memiliki filament bertingkat.

Baca juga : Rangkaian lampu kepala pengendali negatif dengan relay
Bohlam lampu tipe filament sejajar
Lampu jauh cara kerjanya adalah dengan menggunakan bantuan reflektor, filament untuk lampu jauh di letakkan di belakang filament lampu dekat agar cahaya yang akan dipantulkan nantinya dapat sejajar.
Sedangkan cara kerja lampu dekat, pada filament lampu dekat di letakkan di depan filament lampu jauh secara sejajar dan agar cahaya yang dipantulkan dapat miring ke bawah dengan baik maka pada bagian depan filament lampu dekat ditutupi dengan pelat yang memiliki bentuk seperti sendok.
Bohlam lampu tipe filament bertingkat
Cara kerja lampu jarak jauh pada tipe ini adalah letak dari filament lampu jauh terletak tepat di titik tengah atau biasa disebut dengan titik api yang nantinya akan menghasilkan sinar yang sejajar.
Sedangkan cara kerja lampu dekat tipe ini adalah letak filament lampu dekat terletak diatas filament lampu jauh sehingga cahaya pada bagian atas akan dipantulkan secara sejajar sedangkan cahaya bagian atas akan dipantulkan miring ke bagian bawah.
Pada lampu kepala juga dilengkapi dengan kaca bias karena pada kenyataannya pencahayaan yang dihasilkan oleh reflektor akan akan lebih terang pada bagian tengah sehingga akan membentuk bercak cahaya di atas jalan. Untuk menghindari hal tersebut maka pada lampu kepala dipasang kaca bias.
Fungsi dari kaca bias adalah untuk membagi cahaya yang datang menjadi beberapa titik fokus baru yang nantinya akan menyebarkan cahaya diatas jalan lebih sempurna. Dengan menggunakan kaca bias ini maka hasil pencahayaan akan lebih baik di depan kendaraan dan dipinggir jalan. Kaca bias ini juga membantu pengaturan cahaya pada lampu dekat dan lampu jauh.
Macam-macam kaca bias pada lampu kepala dapat di lihat pada gambar di bawah ini :

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: