Home / Mesin (Engine) / Fungsi Menjumper Terminal Fp dan +B pada Kotak DLC di Mesin EFI

Fungsi Menjumper Terminal Fp dan +B pada Kotak DLC di Mesin EFI

Pada sistem EFI, pemeriksaan diagnosis dapat dilakukan dengan menggunakan scanner maupun diagnosis secara manual.
Ketika melakukan diagnosis secara manual maka perlu dilakukan penjumperan terminal-terminal yang ada di dalam kotak DLC (Data Link Connector) dengan menggunakanSST (Spesial Servis Tools) yaitu dengan kabel jumper.
Beberapa terminal yang ada di dalam kotak DLC tersebut adalah terminal Fp dan terminal +B.
Terminal Fp dan +B ini juga sering digunakan untuk pemeriksaan kerja pompa bahan bakar yang dilakukan dengan cara penjumperan antara kedua terminal tersebut.
Fungsi menjumper terminal Fp dan +B pada kotak DLC adalah untuk menghubungkan langsung antara tegangan listrik dari positif baterai ke pompa bahan bakar agar pompa bahan bakar akan bekerja tanpa melalui relay pompa bahan bakar atau pompa langsung bekerja ketika kontak di On kan tanpa perlu mesin hidup.
Karena pada dasarnya untuk mesin EFI, pompa bahan bakar akan bekerja ketika kunci kontak di On kan kemudian selang beberapa detik pompa bahan bakar akan berhenti bekerja dan akan bekerja kembali selama mesin menyala.
Pompa bahan bakar bekerja saat pertama kali kontak di On kan, hal ini bertujuan untuk menjaga tekanan dari bahan bakar pada sistem bahan bakarnya agar tetap konstan sesuai dengan tekanan standar.
Penggunaan penjumperan terminal Fp dan +B pada kotak DLC ini sering dilakukan ketika mekanik ingin memeriksa berapa besar tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh pompa.

Hasil dari pemeriksaan tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh pompa bahan bakar ini nantinya dapat menentukan apakah pompa bahan bakar masih baik atau sudah rusak (melemah).
Selain itu penjumperan terminal Fp dan +B pada kotak DLC juga digunakan untuk pemeriksaan relay bahan bakar, apakah relay masih berfungsi atau tidak.

Jika pada saat tidak dilakukan penjumperan dan mesin dinyalakan atau distart, namun mesin tidak mau menyala karena bahan bakar tidak naik, dan ketika dilakukan penjumperan ternyata bahan bakar mau naik (pompa bahan bakar bekerja). Sehingga penyebab pompa bahan bakar tidak bekerja dapat disebabkan oleh relay pompa bahan bakarnya

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: