Home / Mesin (Engine) / Fungsi Pipa Pembagi atau Delivery Pipe Pada Sistem Bahan Bakar EFI

Fungsi Pipa Pembagi atau Delivery Pipe Pada Sistem Bahan Bakar EFI

Pada sistem EFI terdapat tiga sistem utama yaitu sistem bahan bakar (fuel system), sistem kontrol elektronik (electronic control system) dan sistem induksi udara (air induction system).
Sistem bahan bakar pada mesin EFI berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Bahan bakar ini disalurkan dari tangki bahan bakar yang umumnya terletak di bagian belakang kendaraan menuju ke ruang bahan di mesin yang letaknya cukup jauh dari tangki bahan bakar dan terletak lebih tinggi dibandingkan dengan tangki bahan bakar.
Pada sistem bahan bakar EFI ini terdiri dari berbagai komponen, yaitu mulai tangki bahan bakar (fuel tank), pompa bahan bakar (fuel pump), saringan bahan bakar (fuel filter), selang penyalur (line pipe), pipa pembagi (delivery pipe), pressure regulator, pultation damper (pada beberapa tipe mesin EFI) dan injektor serta return pipe (pipa pengembali).
Salah satu komponen sistem bahan bakar yaitu pipa penyalur atau delivery pipe pada pada mesin EFI ini terhubung langsung dengan komponen injektor.
Untuk lebih jelasnya, letak pipa pembagi pada sistem bahan bakar EFI dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Fungsi dari pipa pembagi atau delivery pipeini adalah untuk menyalurkan bahan bakar bertekanan ke injektor. Selain itu, fungsi pipa pembagi juga berfungsi untuk menampung bahan bakar yang bertekanan agar mesin EFI selalu siap untuk digunakan.
Bahan bakar di dalam pipa pembagi selalu dijaga tekanannya sekitar 2,55 – 29 kg/cm2. Komponen yang bertugas menjaga tekanan bahan bakar di dalam pipa pembagi ini adalah pressure regulator.
Tekanan bahan bakar di dalam pipa pembagi selalu dijaga pada tekanan yang konstan demi menjaga kinerja mesin agar selalu optimal.
Karena jika tekanan bahan bakar di dalam pipa pembagi itu rendah (dibawah spesifikasi) maka akan mengakibatkan volume penginjeksian dan bentuk penginjeksian akan kurang baik.
Sedangkan apabila tekanan bahan bakar di dalam pipa pembagi itu tinggi (diatas spesifikasi) maka akan mengakibatkan seal injektor akan rusak akibat tidak kuat menahan tekanan bahan bakar yang terlalu tinggi.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: