Home / Mesin (Engine) / Fungsi Saringan Bensin atau Fuel Filter

Fungsi Saringan Bensin atau Fuel Filter

Saringan bensin atau bahan bakar (fuel filter) merupakan salah satu bagian dari komponen sistem bahan bakar. Saringan bahan bakar diletakkan diantara tangki bahan bakar (fuel tank) dan pompa bahan bakar (fuel pump). Fungsi dari saringan bahan bakar yaitu untuk menyaring air dan kotoran-kotoran yang terkandung atau terbawa dalam bahan bakar. Elemen-elemen yang ada di dalam saringan bahan bakar akan mengurangi kecepatan aliran bahan bakar dan akan menyebabkan air serta partikel kotoran yang memiliki berat jenis lebih besar dibandingkan dengan bahan bakar akan turun ke bagian dasar dari saringan bahan bakar. Jika partikel kotoran yang dibawa oleh bahan bakar memiliki berat jenis yang lebih ringan dibandingkan dengan berat jenis bahan bakar maka nantinya partikel kotoran ini akan disaring oleh elemen-elemen saringan bahan bakar.
Catatan :
  • Jika saringan bahan bakar tersumbat, maka tahanan didalam aliran bahan bakar di saluran akan bertambah. Jika hal ini terjadi, maka akan mengurangi jumlah bahan bakar yang dikirim ke karburator sehingga ketika mesin berputar dengan kecepatan tinggi atau pada beban berat, dimana mesin membutuhkan kiriman bahan bakar dengan jumlah yang banyak, maka pada saat ini tenaga dari mesin menurun karena kurangnya pasokan bahan bakar.
  • Jika saringan bahan bakar tersumbat, maka tahanan dari elemen saringan bahan bakar juga akan bertambah sehingga bahan bakar tidak akan mengalir dengan baik. Akibatnya permukaan bahan bakar yang ada di dalam saringan bahan bakar akan naik. Tinggi permukaan bahan bakar dapat dilihat dari luar saringan bahan bakar.
  • Saringan bahan bakar yang sekarang ini pada umumnya dibuat agar tidak dapat dibongkar sehingga jika saringan bahan bakar rusak maka harus diganti dengan yang baru.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: