Home / Sistem Pemindah Tenaga (Power Train System) / Jenis atau Tipe Sistem Penggerak FR, FF, RR, MR, 4WD (FWD)

Jenis atau Tipe Sistem Penggerak FR, FF, RR, MR, 4WD (FWD)

Mobil dapat bergerak atau berjalan karena adanya sistem pemindah tenaga, yaitu sistem yang dapat memindahkan tenaga putar dari poros engkol (engine) ke roda-roda. Jenis sistem penggerak pada kendaraan khususnya mobil pada umumnya dibedakkan menjadi 5 jenis yaitu FR (Front Engine Rear Drive), FF (Front Engine Front Drive), RR (Rear Engine Rear Drive), MR (Middle Engine Rear Drive) dan FWD atau 4WD (Four Wheel Drive) atau AWD (All Wheel Drive).

FR (Front Engine Rear Drive)
Kendaraan mobil dengan sistem penggerak jenis FR (Front Engine Rear Drive) yaitu kendaraan dengan mesin yang terletak pada bagian depan kendaraan dengan roda belakang sebagai penggerak. Komponen-komponen pada sistem penggerak jenis FR yaitu meliputi kopling (clutch), transmisi, propeller shaft atau drive shaft, differential atau gardan dan rear axle.

FF (Front Engine Front Drive)
Kendaraan mobil dengan sistem penggerak jenis FF (Front Engine Front Drive) yaitu kendaraan dengan mesin yang terletak pada bagian depan kendaraan dengan roda depan sebagai penggerak. Komponen-komponen pada sistem penggerak jenis FF yaitu meliputi kopling (clutch), transmisi, differential atau gardan dan front axle.

RR (Rear Engine Rear Drive)
Kendaraan mobil dengan sistem penggerak jenis RR (Rear Engine Rear Drive) yaitu kendaraan dengan mesin yang terletak pada bagian belakang kendaraan dengan roda belakang sebagai penggerak. Komponen-komponen pada sistem penggerak jenis RR yaitu meliputi kopling (clutch), transmisi, differential atau gardan dan rear axle.

MR (Middle Engine Rear Drive)
Kendaraan mobil dengan sistem penggerak jenis MR (Middle Engine Rear Drive) yaitu kendaraan dengan mesin yang terletak pada bagian tengah kendaraan dengan roda belakang sebagai penggerak. Pada kedaraan dengan sistem penggerak jenis MR ini komponen-komponennya sama dengan sistem penggerak jenis FR.

FWD (Four Wheel Drive)
FWD atau 4WD atau AWD merupakan salah satu jenis sistem penggerak pada kendaraan yang ke empat roda atau ke semua roda sebagai penggeraknya. Komponen-komponen dari sistem pemindah tenaga jenis FWD atau 4WD atau AWD meliputi kopling, transmisi, transfer case. Pada komponen transfer case ini dibagi menjadi 2 yaitu bagian yang menggerakkan roda depan yaitu meliputi front propeller shaft atau front drive shaft, front differential dan front axle. Kemudian bagian yang satu lagi adalah yang menggerakkan roda belakang, yaitu meliputi rear propeller shaft atau rear drive shaft, rear differential dan rear axle.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: