Home / Kelistrikan (Electrical) / Kelebihan Baterai (Accu) Basah Pada Mobil

Kelebihan Baterai (Accu) Basah Pada Mobil

Pengendara-pengendara kendaraan saat ini cenderung lebih banyak yang memilih menggunakan baterai atau aki (accu) tipe kering (tipe free maintenance) dibandingkan dengan menggunakan baterai tipe basah. Alasan utama dibalik pengendara-pengendara tersebut lebih suka menggunakan baterai tipe kering ini adalah karena pada baterai tipe kering tidak memerlukan perawatan dan perhatian lebih banyak dari pada dengan baterai basah. Baterai tipe kering tidak memerlukan pengisian air accu kembali, sehingga dirasa oleh pengendara bahwa penggunaan baterai tipe karing ini lebih mudah dan sederhana dibandingkan dengan baterai tipe basah.

Tetapi apakah baterai basah tidak memiliki kelebihan dibandingkan dengan baterai kering ? Sebenarnya baterai basah memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan baterai kering yaitu baterai basah memiliki umur pakai yang biasanya lebih lama dibandingkan dengan baterai kering tetapi dengan syarat baterai basah selalu dilakukan perawatan.

Perawatan pada baterai basah salah satunya adalah rutin melakukan pengecekkan jumlah air akinya minimal setiap 2 bulan sekali karena air accu dapat berkurang karena adanya penguapan selama proses pengisian listrik dan penyaluran listrik, sehingga jika air accu kurang dari standar (batas rendah) lakukan penambahan air suling kedalam baterai.

Selain itu, lamanya umur pakai baterai juga tergantung dari banyaknya aksesoris yang digunakan (dipakai) pada kendaraan. Semakin banyak aksesoris yang dipasang maka penggunaan arus listrik yang berasal dari baterai juga akan lebih banyak sehingga akan lebih cepat membuat baterai ngedrop sehingga mengurangi umur baterai.

Kelebihan baterai basah lainnya, selain umurnya yang lebih lama yaitu daya listrik pada baterai basah dapat di isi ulang. Pengisian ulang ini dilakukan dengan cara menguras air accu yang ada di dalam baterai kemudian melakukan pengisian kembali menggunakan elektrolit. Sedangkan pada baterai tipe kering tidak disarankan untuk mengganti cairan yang ada di dalamnya karena cell antara baterai basah dan kering berbeda.

Kelebihan baterai tipe basah yang terakhir ialah pada masalah harga. Dibandingkan dengan baterai tipe kering, baterai tipe basah harganya lebih murah sehingga akan lebih menghemat biaya untuk pembelian.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: