Home / tkr / Ketahui Akibat Terlambat Ganti Oli

Ketahui Akibat Terlambat Ganti Oli

Oli atau pelumas mesin memiliki banyak fungsi antara lain berfungsi untuk melindungi komponen-komponen pada mesin saat bekerja, untuk mendinginkan mesin dan lain sebagainya.

Pemeriksaan oli mesin bukan hanya dilihat dari berapa banyak jumlah oli mesin yang ada, tetapi juga dilihat dari kualitas dari oli mesin tersebut. Percuma jika oli mesin jumlahnya tepat (pada upper level) tetapi kualitas oli sudah jelek, atau sebaliknya kualitas oli masih baik tetapi jumlahnya kurang (dibawah lower level).

Jika anda sayang dengan kendaraan anda, maka lakukan perawatan yang rutin mengenai oli pelumasnya. Perhatikan juga spesifikasi oli tersebut, jangan sampai asal pilih jenis oli, karena jika salah pilih yang ada malah kinerja mesin dapat teganggu dan bisa-bisa mesin mesnjadi rusak.

Perawatan pada oli pelumas mesin salah satunya dengan melakukan penggantian oli secara teratur, sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Sebab, jika oli tidak diganti maka akibatnya bisa fatal bagi kendaraan. Sudah kita ketahui, saat mesin bekerja sudah tentu akan terjadi gesekan antara komponen-komponen sehingga akan menghasilkan bram-bram besi. Dengan adanya oli maka keausan yang terjadi akibat gesekan dapat dikurangi, tapi tetap saja komponen yang bergesekan tersebut akan mengalami keausan. Bram-bram besi yang dihasilkan akibat gesekan tersebut nantinya akan dibersihkan oleh oli, bram besi tersebut akan terbawa oleh aliran oli yang nantinya akan disaring disaringan oli. Selain itu fungsi oli juga berfungsi untuk membuat lapisan tipis (oil film) diantara bagian mesin yang bergesekan, jika oli kualitasnya sudah jelek atau oli tersebut sudah terlalu encer sehingga pembentukan oil film sudah kurang baik akibatnya akan membuat komponen tersebut cepat aus.

Untuk itu selalu perhatikan jadwal penggantian oli mesin anda untuk menjaga performa mesin agar tetap baik, jangan hanya demi menghemat beberapa rupiah saja sehingga anda malas mengganti oli sehingga nantinya anda akan mengeluarkan lebih banyak rupiah lagi untuk melakukan perbaikan akibat mesin rusak.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: