Home / tkr / Ketahui Faktor-Faktor Yang Membuat Oli Cepat Rusak

Ketahui Faktor-Faktor Yang Membuat Oli Cepat Rusak

Oli mesin memiliki peran yang sangat penting bagi kinerja mesin dan untuk selalu menjaga komponen-komponen di dalam mesin agar tidak cepat rusak atau aus.
Sesuai dengan buku servis, bahwa oli mesin wajib diganti secara teratur sesuai dengan periode yang telah ditetapkan.
Namun jika tidak mengganti oli mesin sesuai dengan petunjuk maka siap-siaplah menerima resiko yang lebih fatal.
Jangan hanya demi menghemat uang beberepa rupiah saja sehingga nantinya justru akan menghabiskan banyak rupiah.
Oli mesin perlu diganti karena memiliki masa pakai. Lama-kelamaan oli mesin yang dipakai akan menurun kualitasnya, sehingga perlu dilakukan penggantian.
Turunnya kualitas dari oli yang ada didalam mesin dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu suhu atau temperatur, interaksi udara dan air.
Pengaruh suhu dan interaksi udara memang akan terjadi saat oli dimasukkan ke dalam mesin dan mesin dinyalakan. Tapi jika suhu mesin terlalu panas maka kualitas oli akan cepat menurun sehingga selalu perhatikan sistem pendinginan pada mesin.
Faktor yang lain adalah karena adanya air. Air seharusnya tidak masuk ke dalam mesin karena akan menurunkan kualitas dari oli.
Pada mesin yang memiliki sistem pendingin dengan air maka bercampurnya oli dengan air dapat disebabkan karena terjadinya kebocoran sistem pendingin tersebut.
Air dapat masuk ke dalam mesin dan bercampur ke dengan oli juga dapat terjadi ketika kendaraan menerjang banjir sehingga oli dapat masuk melalui knalpot atau komponen lainnya.
Selain itu, jika mesin lama sekali digunakan dan tidak pernah dipanasi mesinnya maka kualitas oli dapat menurun.
Menurunnya kualitas oli karena mesin jarang digunakan dapat terjadi karena oli bercampur dengan oli. Ketika suhu mesin dingin, pada udara di dalam mesin dapat mengembun sehingga embunan pada mesin akan bercampur dengan oli. Oleh sebab itu oli dapat bercampur dengan air dan kualitasnya akan menurun.

Untuk menghindari hal tersebut maka jika kendaraan tidak digunakan, selalu lakukanlah pemanasan setiap hari, agar tidak terjadi pengembunan pada mesin.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: