Home / Kelistrikan (Electrical) / Ketahui Penyebab AC Mengeluarkan Bau Yang Tidak Sedap

Ketahui Penyebab AC Mengeluarkan Bau Yang Tidak Sedap

Banyak kasus yang terjadi pada sistem AC kendaraan mobil, salah satunya adalah masalah AC bau. Tentu saja jika terjadi masalah ini akan sangat mengganggu kenyamanan setiap orang yang ada di dalam kendaraan.
Masalah AC yang mengeluarkan bau yang tidak sedap sering kali terjadi dan menjadi keluhan pada pengendara kendaraan mobil.
Sebenarnya, penyebab AC yang mengeluarkan bau ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, antara lain :
Terjadi kebocoran refrigerant
Refrigerant atau freon yang bocor terutama pada bagian saluran yang terpasang di dalam kabin, tentu saja akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Kebocaran ini dapat disebabkan karena terjadinya korosi pada bagian-bagian komponen sistem AC, misalnya pada saluran-saluran pipa atau pada evaporator. Jika bau yang timbul tersebut disebabkan karena kebocoran refrigerant maka solusinya adalah anda langsung bawa kendaraan tersebut ke bengkel-bengkel spesialis AC untuk segera diperbaiki.
Evaporator yang kotor
Evaporator pada sistem AC dilengkapi dengan sirip-sirip, debu akan mudah sekali menempel pada bagian tersebut, jika pada sistem AC kurang diperhatikan atau dirawat maka akan membuat evaporator pada bagian siripnya cepat kotor sehingga udara yang melewati evaporator akan menimbulkan bau. Solusinya adalah dengan membersihkan bagian evaporator tersebut. Selain berbau, jika bagian sirip evaporator terkena debu secara berlebihan juga dapat berdampak pada kinerja AC yang kurang dingin.
Filter udara AC kotor
Untuk kendaraan sekarang ini pada sistem AC sudah dilengkapi dengan filter udara yang berfungsi untuk menyaring udara yang kotor, jika filter udara ini kotor maka juga dapat menimbulkan masalah AC yang berbau, selain itu juga dapat menyebabkan AC menjadi kurang dingin karena kotoran yang terlalu banyak yang menempel di filter sehingga mengganggu jalannya aliran udara yang melewatinya. Solusinya adalah dengan membersihkan atau mengganti filter udara AC dengan yang baru.
Saat AC dinyalakan selalu hindari merokok didalam mobil apalagi jika jendela ditutup karena bau rokok tersebut akan selalu bersirkulasi di dalam ruang kabin dan baunya akan menempel pada bagian-bagian yang dilewati udara tersebut, misalnya dapat menempel pada bagian filter udara AC.
Selalu perhatikan kebersihan ruang didalam kabin, misalnya selalu membersihkan karpet yang ada di lantai mobil karena karpet tersebut akan kotor karena selalu diinjak oleh pengendara yang tentu saja alas sepatu atau sandal yang dipakai pengendara itu pasti kotor. Cara membersihkan karpet tersebut dapat dilakukan dengan menghisap debu kotoran dengan menggunakan vacuum cleaner.
Selain itu, jangan pernah meninggalkan sisa-sisa makanan di dalam mobil, karena sisa-sisa makanan tersebut dapat menimbulkan bau yang kurang sedap, dan bau tersebut juga dapat menempel pada bagian filter udara AC mobil tersebut.

Intinya, agar tidak timbul masalah AC yang berbau pada mobil kesayangan anda maka selalu perhatikan kebersihan di dalam ruang kabin, jangan pernah merokok di dalam mobil dan meninggalkan sisa-sisa makanan di dalam mobil.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: