Home / Sistem Pemindah Tenaga (Power Train System) / Konstruksi dan Fungsi Differential atau Gardan

Konstruksi dan Fungsi Differential atau Gardan

Differential atau garadan merupakan salah satu komponen yang terdapat pada sistem pemindah tenaga. Letak dari differential atau gardan ini yaitu jika pada kendaraan dengan tipe penggerak FWD (Front Wheel Drive) maka gardan terletak diantara transmisi dengan poros axle depan sedangkan untuk tipe penggerak RWD (Rear Wheel Drive) maka gandan terletak diantara poros propeller dan poros axle belakang. 
Kontruksi utama dari differential dibagi menjadi 2 yaitu bagian final gear dan bagian differential gear. Bagian final gear pada differential atau gardan terdiri dari komponen drive pinion dan ring gear sedangkan bagian differential gear pada differential atau gardan terdiri roda gigi pinion (pinion ger), roda gigi samping (side gear), differential carrier dan poros pinion (piion shaft).

Differential memiliki 3 fungsi utama, yaitu :
  1. Memperbesar momen dengan cara mereduksi putaran dari poros propeller atau output transmisi (bagian yang berguna untuk memperbesar momen dilakukan oleh bagian final gear).
  2. Merubah arah putaran dari poros propeller atau output transmisi sebesar 90o atau tegak lurus (bagian yang berguna untuk merubah arah putaran dilakukan oleh bagian final gear).
  3. Memungkinkan terjadinya perbedaan putaran antara roda kanan dan kiri saat kendaraan berbelok (bagian yang berguna untuk membedakan putaran antara roda kanan dan kiri dilakukan oleh bagian differential gear).
Karena fungsi differential sangatlah penting, maka differential diperlukan perawatan secara rutin untuk menjamin kinerjanya agar tetap optimal. Perawatan yang perlu dilakukan salah satu yang tepenting adalah menjaga agar komponen-komponen yang saling bersinggungan  harus tetap terlumasi dengan baik. Untuk itu lakukan penggantian oli differential atau gardan secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan jagalah agar jumlah oli gardan sesuai, tidak kurang maupun tidak lebih, selain itu gunakan oli gardan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.


Selain penggantian oli pelumas, jika terjadi kendala kerusakan pada gardan maka diperlukan melakukan pembongkaran terhadap gardan kemudian melakukan pemeriksaan komponen didalam gardan, baik pemeriksaan secara visual maupun pemeriksaan dengan pengukuran. Sehingga kinerja kendaraan dapat selalu optimal.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: