Home / casis (Chassis) / Macam-Macam Tipe Pemindah Gigi Transmisi

Macam-Macam Tipe Pemindah Gigi Transmisi

Mekanismie pemindah gigi transmisi (gear shift control mechanism) merupakan suatu sistem yang ada pada transmisi yang berfungsi untuk memindahkan posisi gigi transmisi yang bertujuan untuk mengatur kecepatan atau momen yang dihasilkan oleh poros output transmisi.
Mekanisme pemindah gigi transmisi terdapat beberapa tipe, yang mana tipe-tipe ini disesuaikan dengan letak transmisi dengan posisi pengemudi.
Tipe-tipe mekanisme pemidah gigi transmisi antara lain tipe langsungdan tipe tidak langsung. Pada tipe langsung, posisi tuas langsung menggerakkan garpu pemindah sedangkan untuk tipe tidak langsung memerlukan komponen penghubung untuk memindahkan  garpu pemindah.
Pada tipe tidak langsung, dibagi menjadi dua macam yaitu tipe pemindah yang diletakkan di steering column dan pemindah yang diletakkan di lantai tetapi tetapi jenis kendaraan adalah penggerak depan transmisi melintang.
Pemindah tipe langsung (direct type)
Tipe mekanisme pemindah gigi transmisi tipe langsung (direct type) merupakan pemindah gigi yang langsung dapat menggerakkan garpu pemindah atau tuas transmisi langsung memindahkan garpu pemindah (shift fork) tanpa perlu bantuan mekanisme penghubung tambahan.
Mekanisme pemindah gigi transmisi tipe langsung dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Keuntungan dari mekanisme pemindah gigi transmisi tipe langsung ini adalah :
  1. Pemindahan gigi dapat dilakukan dengan cepat.
  2. Pemindahan gigi akan lebih lembut dan lebih mudah.
  3. Posisi pemindah gigi dapat diketahui dengan mudah.

Pemindah tidak langsung (remote control) yang terletak di steering column
Tipe mekanisme pemindah gigi tidak langsung (remote control) yang terletak pada steering column merupakan sistem pemindah gigi terpisah dari transmisi dan diletakkan di steering column karena disebabkan letak antara ruang kemudi yang berjauhan dengan posisi transmisi.
Mekanisme pemindah gigi tidak langsung yang diletakkan pada steering column dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Tipe ini biasanya dipakai pada kendaraan yang letak transmisinya berada dibelakang posisi pengemudi sehingga membutuhan mekanisme penghubung tambahan. Karena memakai mekanisme penghubung (sambungan) lebih banyak maka kontruksi tipe ini lebih rumit dibandingkan dengan yang tipe langsung dan pada tipe ini memerlukan perawatan yang rutin pada sambungan-sambungan tambahan yaitu perlu dilakukan pemberian gemek/ vet/ paslin pada sambungan-sambungan engsel. Selain itu juga memerlukan penyetelan-penyetelan sambungan secara berkala.
Pemindah tidak langsung (remote control) yang terletak dilantai (floor)
Tipe mekanisme pemindah gigi tidak langsung (remote control) yang terletak dilantai merupakan sistem pemindah gigi terpisah dari transmisi dan diletakkan di lantai karena disebabkan letak antara ruang kemudi yang berjauhan dengan posisi transmisi.
Mekanisme pemindah gigi tidak langsung yang diletakkan pada lantai dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Tipe pemindah gigi tidak langsung yang terletak pada lantai biasanya digunakan pada kendaraan yang letak transmisinya berada jauh didepan posisi pengemudi sehingga pada tipe ini juga memerlukan mekanisme penghubung (sambungan) tambahan. Karena memakai mekanisme penghubung (sambungan) juga maka kontruksi tipe ini juga lebih rumit dibandingkan dengan yang tipe langsung dan pada tipe ini memerlukan perawatan yang rutin pada sambungan-sambungan tambahan yaitu perlu dilakukan pemberian gemek/ vet/ paslin pada sambungan-sambungan engsel. Tipe ini juga memerlukan penyetelan sambungan-sambungan yang dilakukan secara berkala.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: