Home / Kelistrikan (Electrical) / Pengertian dan Fungsi Immobilizer

Pengertian dan Fungsi Immobilizer

Teknologi pada kendaraan semakin berkembang pesat saat ini salah satunya adalah dengan adanya teknologi keamanan yaitu sistem immobilizer.
Tentu saja penambahan sistem baru pada kendaraan akan membuat harganya lebih mahal sehingga tidak semua kendaraan mobil dilengkapi dengan sistem immobilizer ini.
Lalu apakah fungsi dari sistem immobilizer ini pada kendaraan ?
Sistem Immobilizer pada kendaraan berfungsi untuk mencegah terjadinya tindakan pencurian yaitu dengan cara melumpuhkan kendaraan ketika kunci yang digunakan bukan kunci asli atau hanya kunci duplikat.
Sistem immobilizer ini merupakan sistem yang lumayan canggih yang terdapat pada kendaraan sebagai sistem keamanan pada kendaraan.
Pada sistem immobilizer, didalam kunci dan didalam kendaraan dilengkapi dengan sebuah chip transponder sehingga bila kunci yang asli dipasang pada kontak dikendaraan, maka kendaraan dapat dihidupkan karena kode transmisi pada chip yang sesuai.
Namun bila kunci yang digunakan tidak asli maka kode transmisi chip tidak akan sama sehingga mesin tidak akan hidup.
Apabila kunci asli ini hilang maka butuh biaya yang mahal untuk memperbaikinya dibandingkan dengan kunci biasa dan perbaikkannya pun harus dilakukan dibengkel yang resmi.
Cara kerja sistem immobilizer
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa sistem immobilizer terdiri dari chip transponder yang terpasang pada kunci dan kendaraan (pada Immobilizer Control Unit Receiver dan pada Engine Control Unit/ ECU atau pada Powertrain Control Unit/ PCM).
Saat kunci kontak dimasukkan ke dalam kontak switch dan kunci kontak diputar pada posisi On maka immobilizer control unit receiver akan mengirimkan signal transponder ke kunci kontak. Kemudian signal transponder ini akan dikirim kembali oleh chip transponder yang ada didalam kunci kontak ke immobilizer control unit receiver. Setelah itu immobilizer control unit receiver akan mengirim signal responder ke ECU dan PCM.
Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja immobilizer dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Jika kunci kontak sesuai maka kendaraan dapat distarter, namun bila kunci kontak tidak sesuai kendaraan maka kendaraan tidak akan dapat distarter.
Apakah kendaraan yang dilengkapi dengan sistem immobilizer akan aman dari tindakan pencurian ?
Walaupun kendaraan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, namun kewaspadaan harus tetap dilakukan oleh pemilik kendaraan tersebut karena pencurian akan tetap terjadi jika kita tidak pernah waspada.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: