Home / Mesin (Engine) / Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Knock Sensor Pada Mesin Injeksi EFI

Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Knock Sensor Pada Mesin Injeksi EFI

Knock sensor atau knocking sensor merupakan salah satu sensor yang ada pada mesin injeksi EFI.
Knock sensor atau knocking sensor pada kendaraan yang bermesin injeksi EFI berfungsi untuk mendeteksi atau mensensor jika terjadi knocking atau atau getaran atau ketukan pada mesin.
Knocking pada kendaraan dapat terjadi atau disebabkan salah satunya adalah karena pengapian yang terlalu maju.
Knocking merupakan getaran yang berfrekuensi tinggi yang disebabkan oleh terjadinya ledakan atau pembakaran yang prematur di dalam ruang bakar silinder.
Bila terjadi engine knocking pada kendaraan maka akan mengakibatkan turunnya tenaga pada mesin sehingga kinerjanya menjadi kurang optimal dan juga dapat menyebabkan komponen-komponen di ada dalam mesin akan cepat aus atau rusak.
Sehingga bila terjadi knocking pada mesin akan sangat merugikan pengendara. Oleh sebab itu, bila terjadi engine knocking maka perlu diatasi dan harus dihilangkan secepat mungkin.
Pada mesin injeksi EFI dilengkapi dengan sensor knocking yang bertujuan untuk mengatasi masalah knocking yang terjadi pada mesin.
Letak dari knock sensor pada mesin injeksi EFI dapat terletak di bagian blog silinder. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Kerja Knock Sensor
Ketika mesin mengalami ketukan atau knocking maka knock sensor akan mendeteksinya. Kemudian knock sensor akan mengirimkan data ke ECU bahwa telah terjadi knocking pada mesin.
Untuk mendeteksi getaran atau knocking pada mesin maka knock sensor memakai komponen piezo electric. Komponen piezo electric ini akan mengirimkan signal output yang sebanding dengan getaran yang terjadi pada mesin.
Ketika ECU menerima data dari knocking sensor maka ECU akan memerintahkan pengapian untuk dimundurkan beberapa derajat sampai tidak terjadi lagi knocking.
Setelah knocking hilang, maka knocking sensor akan mendeteksi bahwa tidak ada lagi getaran atau kenocking pada mesin dan kemudian knocking sensor akan mengirimkan data signal ke ECU.
Pada ECU akan memajukan kembali saat pengapian seperti semula jika tidak terjadi lagi knocking.

About farrel Studio

Check Also

Fungsi Lampu Rem dan Komponen Kelistrikan Lampu Rem serta Diagram Kelistrikan Lampu Rem

Lampu rem atau brake lamp atau stop lamp merupakan salah satu bagian dari sistem penerangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: