Home / RPP / RPP PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

RPP PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

RPP PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disingkat RPP ialah rencana acara pembelajaran yang menggambarkan prosedur pembelajaran untuk satu pertemuan atau lebih yang sesuai kenyataan acara sekolah, untuk mencapai satu Kompetensi Dasar perihal pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh penerima didik yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam Silabus. Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis biar acara pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif biar penerima didik dapat memahami bahan pembelajaran yang di sampaikan oleh pendidik.

Tidak akan rugi jikalau anda dapat menambah pengetahuan serta wawasan dengan membaca RPP kurikulum 2013 revisi mata pelajaran matematika kelas 7 SMP.

Berikut ini merupakan RPP Revisi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 terbaru dan terlengkap sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016.

RPP Kurikulum 2013  SMP Kelas 7 PPKn Semester 1 dan 2

RPP PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

Adapun beberapa komponen-komponen dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses dapat dijelaskan secara terperinci sebagai berikut :

  1. Identitas mata pelajaran.  meliputi beberapa hal diantaranya : satuan pendidikan, kelas yang diampuh, semester, program keahlian, mata pelajaran, jumlah pertemuan. 
  2. Standar kompetensi.  adalah kualifikasi kemampuan minimal siswa yang menggambarkan penguasaan pengetahuan (Kognitif), sikap (Afektif), serta keterampilan (Skill). Standar kompetensi tersebut diharapkan dapat dicapai pada setiap kelas untuk satu semester pada suatu mata pelajaran. 
  3. Kompetensi dasar. merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa pada mata pelajaran tertentu sebagai patokan dalam penyusunan indikator kompetensi pada mata pelajaran. 
  4. Indikator pencapaian kompetensi. merupakan sikap atau perilaku yang dapat diukur serta ditinjau yang menunjukan ketercapaian suatu kompetensi tertentu yang menjadi acuan penilaian. Indikator pencapaian kompetensi disusun dengan mempergunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan diamati. Indikator pencapaian Kompetensi harus mencakup segi pengetahuan (Kognitif), sikap (Afektif), serta keterampilan (Skill). 
  5. Tujuan pembelajaran. menggambarkan suatu proses dan hasil belajar yang dikehendaki dapat tercapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar yang telah disusun. 
  6. Materi ajar. Merupakan sebuah rangkuman materi yang menjelaskan konsep, fakta, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan disusun oleh guru dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan dari indikator pencapaian kompetensi yang telah disusun oleh guru. 
  7. Alokasi waktu.  dijadwalkan sesuai dengan kebutuhan untuk tercapainya Kompetensi Dasan serta beban belajar. 
  8. Metode pembelajaran. Guru dapat menggunakan suatu metode pembelajaran untuk mendapatkan suasana belajar yang lebih baik sehingga siswa dapat mencapai KD yang telah ditetapkan. Pemilihan dari metode pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan keadaan serta karakteristik siswa di masing-masing kelas sehingga indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.

9. Kegiatan pembelajaran. adapun bagian-bagain dari suatu kegiatan pembelajaran yaitu:

  • Pendahuluan. Pada kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran di kelas yang ditujukan untuk memberikan motivasi serta memfokuskan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pendahuluan ini hal-hal yang dilakukan guru adalah sebagai berikut : (a) Guru mempersiapkan siswa dari segi psikis dan fisik agar dapat melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan baik, (b) Guru memberikan beberapa pertanyaan yang diselaraskan pada pengetahuan dan ingatan siswa sebelumnya dan juga memberitahukan materi pelajaran yang akan diajarkan dan dipelajari saat itu, (c) Guru memberikan penjelasan berupa tujuan dari pembelajaran serta KD yang akan dicapai pada pertemuan itu dan juga (d) Guru memberikan penyampaian ketercapaian materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. 
  • Kegiatan Inti. Pada kegiatan inti guru akan memberikan pemaparan berupa materi pelajaran secara sistematis baik melalui proses elaborasi, eksplorasi maupun konfirmasi. 
  • Penutup. Pada Tahap ini kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru adalah mengakhiri aktifitas pembelajaran dalam bentuk rangkuman/kesimpulan, penilaian/refleksi, umpan balik, serta tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran untuk pertemuan tersebut.

10.  Penilaian hasil belajar. Pada tahap ini guru akan menyusun langkah-langkah atau prosedur penilaian yaitu penilaian proses serta hasil belajar siswa selama satu pertemuan. Guru akan membuat penilaian yang didasari pada indikator pencapaian kompetensi serta berpedoman kepada Standar Penilaian.

11.  Sumber belajar. Pada bagian ini guru akan memilih sumber belajar yang didasari pada SK/KD, materi ajar, indikator pencapaian kompetensi serta kegiatan dari sebuah pembelajaran di kelas.

Silahkan dapatkan file RPP Revisi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII SMP,

Terima kasih atas kunjungan anda, dan ikut serta memajukan situs pendidikan yang menawarkan banyak sekali file gratis dan mudah khususnya perihal Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Semoga bermanfaat

About farrel Studio

Check Also

RPP PPKN Kelas 12 SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017

Didalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah menyebutkan bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Developer Farrel Studio !!
%d blogger menyukai ini: